ANALISIS PENERAPAN MIKROTIK ROUTER SEBAGAI USER MANAGER UNTUK MENCIPTAKAN INTERNET SEHAT MENGGUNAKAN SIMULASI VIRTUAL MACHINE

Amarudin Amarudin(1), Yuliansyah Atri(2),


(1) Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia, Lampung
(2) Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia, Lampung
Corresponding Author

Abstract


Jaringan internet hotspot untuk mendapatkan akses internet ini sudah sangat banyak terpasang di instansi-instansi pemerintahan, perkantoran, maupun di tempat-tempat umum lainnya. Di beberapa instansi pemerintahan ada beberapa yang belum menggunakan user manager sehingga para pengguna yang terhubung ke jaringan internet hotspot dengan mudah mengakses situs-situs yang tidak sepantasnya. User manager merupakan fitur AAA (Authentication, Authorization dan Accounting) server yang dimiliki oleh Mikrotik. User manager memiliki database yang bisa digunakan untuk melakukan autentifikasi user yang login ke dalam sebuah jaringan, memberikan kebijakan terhadap user tersebut. Maka dari itu, di Virtual Machine akan dilakukan analisis penerapan user manager dengan memanfaatkan beberapa perangkat lunak seperti FreeRadius dan MySQL yang diimplementasikan dengan Mikrotik Hotspot. Hasil dari penelitian ini telah menghasilkan sistem user manager dengan cara dibuatkan account untuk setiap user agar terhubung ke jaringan internet hotspot. User manager ini dapat membuat jaringan internet hotspot yang sehat dan menciptakan kenyaman bagi setiap user pengguna jaringan internet hotspot.


Keywords


Internet Hotspot, User Manager, FreeRadius, MySql, Internet Sehat

References


A. Amarudin, W. Widyawan, and W. Najib, "Analisis Keamanan Jaringan Single Sign On (SSO) Dengan Lightweight Directory Access Protocol (LDAP) Menggunakan Metode MITMA," SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 2, pp. 1-07, 2014.

S. Fajar Suryaningrum, Rr. Yuliana Rachmawati, "Membangun Jaringan Internet WIFI yang Sehat Di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta," pp. 77–85, 2013.

M. Setya Wijayanta, "Pembangunan Web Proxy Dengan Mikrotik Untuk Mendukung Internet Sehat Di SMK Muhammadiyah 1 Patuk menggunakan Web Proxy Mikrotik," pp. 259–267, 2013.

S. Arjuni, "Perancangan Dan Implemtasi Proxy Server Dan Manajemen Bandwidth Menggunakan Linux Ubuntu Server (Studi Kasus di Kantor Manajemen PT . Wisma Bumiputera Bandung)." 2012.

D. C. Pramudita, "Otentikasi dan Manajemen Pengguna Hotspot Router Mikrotik Menggunakan RADIUS dan PHP-MySQL," p. 11, 2013.

Z. Musliyana, "Sistem Pendaftaran Hotspot Berbasis Web Pada Hotspot Mikrotik STMIK U’Budiyah Menggunakan Mikrotik Application Programming Interface (Api), PHP , Dan Mysql.," 2014.

Mikrotik, "Aboutus us," vol. 2018, ed. Latvia, 2018.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 1541 times
PDF Download : 596 times

DOI: 10.54892/jurnal tam.v9i1.598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.